Rabu, 06 Juni 2012

SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI


A. KONSEP MANAJEMEN SUMBER DAYA INFORMASI
Manajemen sumber daya informasi (Information resources management – IRM) adalah aktivitas yang dijalankan oleh manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh dan mengelola sumber daya informasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai.
Elemen-elemen IRM yang diperlukan :
1.     Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul.
2.     Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama
3.     Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
4.     Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat membuat
5.     Rencana strategis formal untuk sumber daya informasi
6.     Strategi untuk mendorong dan mengelola end user computing




PERAN CIO
1.     Administrator
2.     Pembangun orang-orang
3.     Perencana kota
4.     Futurist
5.     Diplomat dunia
6.     Perancang

B. MENCAPAI MANAJEMEN KUALITAS DALAM JASA INFORMASI
1. Mengidentifikasi pelanggan IS
2. Mendefinisikan kebutuhan kualitas pelanggan
3. Menetapkan matrik kualitas
4. Mendefinisikan strategi kualitas IS
          a. Penerimaan dan pelatihan
          b. Pengembangan sistem berorientasi pemakai
§  Membuat analisis pasar
§  Membuat analisis penerimaan produk
§  Membuat analisis tugas
§  Melakukan pengujian prototipe
§  Melakukan pengujian sistem operasional
5. Menerapkan program-program kualitas IS
6. Memantau kinerja kualitas IS

C. KEAMANAN SISTEM
Tujuan-tujuan keamanan
1.     Kerahasiaan
2.     Ketersediaan
3.     Integritas

Ancaman keamanan
1.     Pengungkapan tidak sah dan pencurian
2.     Penggunaan tidak sah
3.     Penghancuran tidak sah dan penolakan jasa
4.     Modifikasi tidak sah
Pengendalian akses
1.     Identifikasi pemakai
2.     Pembuktian keaslian pemakai
3.     Otorisasi pemakai

Perencanaan berjaga-jaga
1.      Rencana darurat, menentukan ukuran-ukuran yang memastikan keamanan pegawai jika terjadi bencana.
     Mencakup : sistem alarm, sistem pemadam api, prosedur evakuasi
2.  Rencana cadangan
Ø Redudancy
Hardware, sofware dan data diduplikasi
Ø Diversity
Sumber daya informasi tidak dipasang di lokasi yang sama
Ø Mobility
Sistem sewa
3. Rencana catatan vital, adalah dokumen-dokumen kertas, microforms, penyimpanan magnetik, optik yang diperlukan untuk meneruskan bisnis perusahaan.
     Rencana ini menentukan bagaimana catatan-catatan vital akan dilindungi.

D. STRATEGI PENGURANGAN BIAYA MANAJEMEN INFORMASI

1. Konsolidasi
    Pengurangan jumlah lokasi sumber daya informasi yang terpisah
2. Downsizing
    Transfer berbagai aplikasi berbasis komputer perusahaan dari konfigurasi peralatan besar seperti mainframe, ke platform yang lebih kecil seperti komputer mini, PC.
3. Outsourcing    
    Mengkontrakkan keluar semua atau sebagian kecil operasi komputer perusahaan kepada organisasi jasa di luar perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar