SEPUTAR PAP


BKK PAP

BKK PAP
(PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN)

  1. A. VISI, MISI DAN TUJUAN
  • Visi
Menjadi program studi penghasil dan pengembang tenaga guru / instruktur yang berkarakter kuat dan cerdas dengan kompetensi dibidang Pendidikan Ekonomi Administrasi, berbasis teknologi informasi, mampy bersaing di pasar nasional maupun internasional serta menjadi pusat pengembangan bidang Pendidikan Ekonomi Administrasi
  • Misi
Misi Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi Administrasi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan tenaga guru / instruktur yang profesional, berdaya saing tinggi, mandiri dan berkepribadian dalam bidang Pendidikan Ekonomi Administrasi .
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran dibidang Administrasi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan Pendidikan Administrasi.
  4. Menyelenggarakan kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas lulusan dan kinerja Program Studi.
  5. Mengembangkan jaringan komunikasi dengan Alumni.
  6. Menyelenggarakan organisasi berdasarkan prinsip keberlanjutan dan akuntabilitas.
  • Tujuan
Tujuan Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi Administrasi :
  1. Bidang Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran
    1. Meningkatkan kualitas masukan mahasiswa.
    2. Menghasilkan lulusan dengan indeks prestasi komulatif tinggi dan berkepribadian pendidik, serta masa sutdi dan masa tunggu makin pendek.
    3. Pengembangan kurikulum Pendidikan Ekonomi Administrasi berdasarkan standar mutu pendidikan professional dan kebutuhan Stakeholders.
    4. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan fasilitas teknologi informasi.
    5. Peningkatan system monitoring dan evaluasi proses pendidikan.
    6. Peningkatan kegiatan magang siswa.
    7. Meningkatkan kualitas pembinaan kegiatan organisasi kemahasiswaan, penalaran, minat dan bakat, kesejarteraan dan social kemasyarakatan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi.

  1. Bidang Pengembangan Penelitian
    1. Dihasilkannya kajian-kajian teoritik dalam rangka pengembangan konsep, paradigma, pendekatan, metode, teknik, dan strategi baru dalam bidang Pendidikan Ekonomi Administrasi.
    2. Dihasilkanya karya penelitian yang unggul dalam bidang Pendidikan Administrasi yang bermanfaat bagi masyatakat.
    3. Dirintis dan dikembangkannya Pusat Kajian Pendidikan Administrasi.

  1. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
    1. Memberikan kuntribusi nyata dalam penerapan visi dan misi programs studi.
    2. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang semakin meningkat baik kualitas maipun kuantitas.
    3. Meningkatkan kemampuan sumberdaya pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat.
    4. Meningkatkan peran Prorram Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi dalam membantu pemerintah mencerdaskan masyarakat.

  1. Bidang Pengembangan Kerjasama Kelembagaan
    1. Terlaksananya kerja sama kelembagaan dengan berbagai pihak untuk memperoleh program unggulan, hibah kompetitif, dana pengembangan dan mengembangkan system informasi.
    2. Terlaksananya kerjasama kelembagaan dengan lembaga pendidikan SMK kelompok BIsnis dan Manajemen untuk memperoleh pengalaman mengajar dalam bentuk Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ).

  1. Bidang Pengembangan Alumni
    1. Berfungsi dan berkembangnya organisasi Ikatan Alumni Pendidikan Ekonomi Administrasi ( IKAPA ) ke tingkat daerah.
    2. Meningkatkan peran alumni dalam rangka membangun citra Program Studi.
    3. Terbentuknya bursa kerja khusus yang mewadahi, menginformasikan dan menyalurkan ke pasar kerja, alumni prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi.

  1. Bidang Pengembangan Kelembagaan
    1. Meningkatkan fungsi-fungsi kelembagaan di Program studi.
    2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana kegiatan Administrasi, akademik dan kemahasiswaan.
    3. Meningkatkan akuntabilitas pengelolaan program studi.
    4. Terciptanya system Pendidikan di Program Studi yang berkualitas.
    5. Terlaksananya evaluasi diri yang menyeluruh serta berkala.
    6. Meningkatka kualitas manajemen penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
KUALIFIKASI LULUSAN
Kualifikasi kompetensi lulusan yang diharapkan adalah :
  • Program studi S-1 Pendidikan Ekonomi Administrasi dipersiapkan untuk menghasilkan tenaga guru / instruktur yang mempunyai kompetensi paedagogis di bidang Pendidikan Ekonomi Administrasi bagi lembaga kependidikan SMK kelompok bisnis dan manajemen, SMA dan SMP.
  • Lulusan studi S-1 Pendidikan Ekonomi Administrasi diproyeksikan mampu melaksanakan kegiatan Perkantoran secara Profesional.
  • Lulusan studi S-1 Pendidikan Ekonomi Administrasi diproyeksikan mempunyai kompetensi kepribadian dan social, sehingga dapat menjadi modal dasar dalam melakukan usaha Enterpreneur  karena  sudah  dibekali  Life skill yang memadahi.
MANFAAT PROGRAM STUDI
  • Bagi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
  1. Memotivasi kinerja sumberdaya dosen dibidan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Lebih mengoptimalkan pendayagunaan sarana, prasarana dan sumberdaya manusia yang dimiliki jurusan PIPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  3. Meningkatkan konsistensi dan komitmen lembaga pada pengembangan dunia pendidikan.

  • Bagi Masyarakat
  1. Sebagai lembaga rujukan di bidang pendidikan Ekonomi Administrasi yang mampu menghasilkan tenaga professional dan berkualitas.
  2. Pensuplai tenaga guru / instruktur yang professional dibidang keahlian Ekonomi Administrasi bagi sekolah / lembaga pendidikan.
  3. Pensuplai tenaga kerja yang handal di bidang keahlian Ekonomi Administrasi di lembaga pemerintah dan swasta / bisnis.
PROSPEK PEKERJAAN
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Jirisan PIPS FKIP Universitas Sebelas Maret diharapkan memiliki kualifikasi kompetensi dibidang Ekonomi Administrasi dan wisausaha dagi lembaga pendidikan, pemerintahdan swasta / bisnis.
Bidang keahlian Umum mahasiswa dibekali dengan dasar kemampuan teoritis dan praktis yang nantinya akan mendukung kemampuan sebagai tenaga guru / instruktur dan tenaga Administrasi. Sedangkan dididang keahlian khusus mahasiswa dibekali dengan keterampilan praktis yang mengarah kepada penguasaan keahlian profesi administrasi Perkantoran. Hal ini ditunjikkan dengan perbandingan mata kuliah praktek dibidang perkantoran lebih besar daripada matakuliah yang bersifat teoritis.
Prospek pekerjaan lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi ada di dunia pendidikan dan non pendidikan. Di dunia pendidikan khususnya di propinsi Jawa Tengah ada sejumlah 4.530 SMP / MTs, 1.386 SMA / MA, dan 951 SMK. Sedangkan dalam bidang non pendidikan yaitu, di Surakatra ( khususnya ) sebagai kota pendidikan dan budaya, memiliki lokasi yang relativ dekat dengan Jogjakarta sebadai kota pendidikan dan Semarang sebagai kota dagang dan industri di Jawa Tengah, Mempunyai potensi unggul dalam bidang pendidikan dan profesi Administrasi / wirausaha.

ANALISIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN DIPERGURUAN TINGGI LAIN DIKOTA SURAKARTA
Berdasarkan data dari Dikti dapat diketahui bahwa jumlah Perguruan Tinggi di Jawa Tengah yang mengelola Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran selain Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah Universitas Negeri Semarang dan Universitas Satyawacana Salatiga. Struktur kurikulum yang relativ sama, yaitu menekankan pada pemberian bekal kemempuan dibidang Administrasi Perkantoran.
Program Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi yangdiusulkan oleh jurusan PIPS FKIP UNS diarahkan pada “ Penciptaan tenaga akademik dalam bidang keguruan sebagai tenaga pengajar di Sekolah Menengah, selain itu ada kemungkinan / menjadi tenaga dibidang pemasaran / kewirausahaan yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan bisnis dan industri “, yang selama ini masih belum mendapat perhatian secara khusus oleh Perguruan Tinggi lain. Disisi lain kebutuhan akan tenaga pendidik di SMK untuk bidang kewirausahaan perlu mendapat penanganan yang serius, mengingat bahwa pada saat ini tenaga pendidik dibidang kewirausahaan di SMK masih sangat dibutuhkan.
KURIKULUM
Penyusunan Kurikulum di Program Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran yang melibatkanStakeholders, organisasi profesi dan alumni melalui beberapa tahap, yaitu :
  1. Mengidentifikasi kebutuhan masyarakat terhadap lulusan, dengan tujuan agar lulusan yang dihasilkan dapat diterima dimasyarakat karena kompetensi yang dimiliki sesuai dengan tuntutan.
  2. Mendiskripsikan Kompetensi ( Paedagogik, profesi, sosial. dan kepribadian )
  3. Mendiskripsikan kegiatan belajar
  4. Menyusun bidang kajian yang diaraykan untuk pemenuhan kompetensi lulusan.
  5. Penanaman bidang kajian ( Mata Kuliah )
Struktur kurikulum didasarkan pada prinsip integralitas antar mata kuliah. Mata kuliah yang menjadi persyaratan disajikan disajikan pada semester sebelum penyajian matakuliah yang membutuhkan prasyarat. Pengambilan matakuliah yang membutuhkan prasyarat, baru dapat dilakukan oleh mahasiswa setelah yang berdankutan pernah menempuh matakuliah tertentu yang menjadi prasyaratnya. Penerapan urutan penyajian matakuliah dengan sistem prasyarat dimaksudkan untuk memberikan pemahaman secara lebih mendalam dan komprehensif. Urutan penyajian matakuliah juga mempertimbangkan sifat matakuliah ditinjau dari karakteristik materi perkuliahan, teori, praktikum, dan praktek kerja nyata. Dengan mempertimbangkan tersebut maka akan tercapai keseimbangan penguasaan mahasiswa terhadap pengetahian teoritis dan keterampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar