Minggu, 20 Mei 2012

Dongeng Ibu dari Negeri Sakura

Written by  Zoom-Indonesia
weheartit
Konon, di Jepang ada semacam kebiasaan ‘membuang’ orang lanjut usia ke hutan. Mereka yang sudah lemah tak berdaya dibawa ke tengah hutan yang lebat, dan selanjutnya tidak diketahui lagi nasibnya.
Seorang anak sedang membawa ibunya yang sudah tua ke hutan untuk dibuang. Ibu ini sudah sangat tua dan tak bisa berbuat apa-apa lagi. Si anak menggendong ibunya sampai ke tengah hutan. Selama perjalanan, Sang Ibu mematahkan ranting-ranting kecil.
Setelah sampai di tengah hutan, anak laki-laki itu menurunkan ibunya. “Kita sudah sampai, Bu,” katanya. Ada perasaan sedih di hatinya, entah mengapa ia tega melakukannya. 
Ibu, dengan tatapan penuh kasih berkata,
Nak, ketahuilah, Ibu sangat mengasihi dan mencintaimu dengan tulus. Sejak kamu kecil sampai detik ini pun, kasih sayang dan cinta itu tidak berkurang. Ibu tidak ingin ketika kamu pulang nanti, kamu tersesat dan celaka di jalan. Ibu sudah mematahkan ranting-ranting pohon, agar kau bisa jadikan petunjuk jalan.”
Mendengar kata-kata ibunya, hancurlah hati si anak. Dipeluknya Ibu erat-erat sambil menangis. Ia bawa kembali ibunya pulang, dan merawatnya dengan baik sampai ibunya meninggal dunia.
Cerita ini mungkin hanya mitos, tapi di jaman sekarang, tak sedikit kita jumpai kejadian yang serupa. Orang tua terpinggirkan dan hidup kesepian hingga ajal tiba. Atau mungkin dimasukkan panti jompo, dan dijenguk bila ada waktu saja.
Sederhana saja, ingatlah perjuangan mereka sewaktu membesarkan kita dengan penuh kasih sayang, serta membekali kita hingga tumbuh menjadi pribadi yang utuh dan luar biasa.
Aku ingat semua doa ibuku. Doa-doa itu selalu menyertaiku dan akan selalu menjadi pegangan sepanjang hidupku.” – Abraham Lincoln

Tidak ada komentar:

Posting Komentar